RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Jepang
Topik / Kegiatan : Lingkungan Kehidupan Sekolah
Kelas / Program : XI Bahasa
Semester : Gasal
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Pertemuan Pertama (Keberadaan Benda).
A. Standar Kompetensi
v Berbicara : Mengungkapkan dan menyampaikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang keberadaan beberapa benda.
B. Kompetensi Dasar
v Mengungkapkan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.
C. Indikator
v Berdialog sesuai konteks
v Menceritakan nama dan keberadaan benda yang ada di lingkungan sekolah.
D. Tujuan pembelajaran.
v Siswa dapat berdialog menyebutkan keberadaan benda di lingkungan sekolah.
E. Materi pokok
v Tema 3.1 A. Keberadaan benda.
F. Sumber / Alat / Media Pembelajaran
v Buku Nihongo I, kartu kata, benda nyata (実物)。
G. Skenario Pembelajaran (dengan Metode Penjelasan dan Praktek)
クラス :XI Bahasa I | ||
テーマ :持ち物 | ||
目的 :Siswa dapat menyebutkan letak dan posisi benda serta mengungkapkan keberadaan benda. | ||
Alur/Waktu | Isi Pembelajaran | Media |
Pengantar 10 menit | ü Salam ü Membahas PR dan melakukan flashback pada materi yang lalu. ü Mengajak interaksi dengan siswa menanyakan didalam kelas ada apa saja. | Buku Pelajaran, Papan Tulis |
Pengenalan Kosakata I dan Pola Kalimat + Latihan dasar (20 menit) | ü Guru memberikan kosakata baru (こくばん、こくばんけし、つくえ、いす、まど、え、ちず、しゃしん、かびん、ごみばこ、ほうき、チョーク、ドア、カレンダー、ホワイトボード) dengan menggunakan kartu gambar atau benda asli. ü Guru memberi pola kalimat baru KB(tempat) にKB(benda)があります/ありません。Dan KB(benda) もあります。 ü Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu. ü Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu. ü Mengerjakan latihan dibuku pelajaran. | Buku Pelajaran, Papan Tulis, 実物 |
Pengenalan Kosakata II dan Pola Kalimat II + latihan dasar (20 menit) | ü Guru memberi kosakata baru ke-2 (うえ、なか、した、そば、よこ)。 ü Guru memberi pola kalimat ke-2 。 - KB (tempat/posisi)のKB(posisi) にKB(Kata Benda) があります。 ü Guru memberi contoh kalimat,diusahakan sampai siswa memahami. ü Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu. ü Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu. ü Mengerjakan latihan dibuku pelajaran. | Buku Pelajaran, Papan Tulis 実物 |
Pengenalan Kosakata II dan Pola Kalimat II + latihan dasar (15 menit) | ü Guru memberi pola kalimat III - KB1(benda) とKB2(benda)があります。 ü Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu. ü Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu. ü Mengerjakan latihan dibuku pelajaran. | Buku Pelajaran Papan Tulis 実物 |
Kegiatan Berbicara (20 menit) | ü Pra Kegiatan - Menyuruh siswa menggambar dua buah meja. Satu meja untuk meletakan benda sendiri dan satu meja untuk benda teman. - Guru menyuruh siswa untuk berpasangan dalam melakukan kegiatan. - Guru memberi contoh kegiatan. ü Kegiatan - Siswa melakukan kegiatan. - Guru mengawasi jalannya kegiatan. ü Pasca kegiatan - Meminta salah satu pasangan untuk mempraktekan kegiatan didepan kelas. - Memperbaiki kesalahan siswa jika ada. | Buku Pelajaran |
Kesimpulan (5 menit) | ü Mengulangi pokok-pokok pelajaran yang baru saja dipelajari ü Memotivasi siswa untuk menggunakan pola-pola yang sudah dipelajari. | |
|
0 comments :
Posting Komentar