20 Februari 2012

Filled Under:

RPP Tema A. Keberadaan Benda Nihongo 1

00.24

RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMA/SMK
Mata Pelajaran            : Bahasa Jepang
Topik / Kegiatan         : Lingkungan Kehidupan Sekolah
Kelas / Program           : XI Bahasa
Semester                      : Gasal
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit
Pertemuan Pertama (Keberadaan Benda).
A.    Standar Kompetensi
v  Berbicara : Mengungkapkan dan menyampaikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang keberadaan beberapa benda.
B.      Kompetensi Dasar
v  Mengungkapkan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.  
C.    Indikator
v  Berdialog sesuai konteks
v  Menceritakan nama dan keberadaan benda yang ada di lingkungan sekolah.
D.    Tujuan pembelajaran.
v  Siswa dapat berdialog menyebutkan keberadaan benda di lingkungan sekolah.
E.     Materi pokok
v  Tema 3.1  A. Keberadaan benda.
F.     Sumber / Alat / Media Pembelajaran
v  Buku Nihongo I, kartu kata, benda nyata (実物)
G.    Skenario Pembelajaran (dengan Metode Penjelasan dan Praktek)
クラス :XI Bahasa I
テーマ :持ち物
目的  :Siswa dapat menyebutkan letak dan posisi benda serta mengungkapkan keberadaan benda.   
Alur/Waktu
Isi Pembelajaran
Media

Pengantar
10 menit
ü  Salam
ü  Membahas PR dan melakukan flashback pada materi yang lalu.
ü  Mengajak interaksi dengan siswa menanyakan didalam kelas ada apa saja.

Buku Pelajaran, Papan Tulis



Pengenalan Kosakata I dan Pola Kalimat +
 Latihan dasar
(20 menit)
ü  Guru memberikan kosakata baru (こくばん、こくばんけし、つくえ、いす、まど、え、ちず、しゃしん、かびん、ごみばこ、ほうき、チョーク、ドア、カレンダー、ホワイトボード) dengan menggunakan kartu gambar atau benda asli.
ü  Guru memberi pola kalimat baru KB(tempat) KB(benda)があります/ありません。Dan KB(benda) もあります。
ü  Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu.
ü  Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu.
ü  Mengerjakan latihan dibuku pelajaran.




Buku Pelajaran, Papan Tulis,
実物



Pengenalan Kosakata II dan Pola Kalimat II
+
latihan dasar
(20 menit)
ü  Guru memberi kosakata baru ke-2 (うえ、なか、した、そば、よこ)
ü  Guru memberi pola kalimat ke-2
-          KB (tempat/posisi)KB(posisi) にKB(Kata Benda) があります。
ü  Guru memberi contoh kalimat,diusahakan sampai siswa memahami.
ü  Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu.
ü  Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu.
ü  Mengerjakan latihan dibuku pelajaran.




Buku Pelajaran, Papan Tulis
実物

Pengenalan Kosakata II dan Pola Kalimat II
+
latihan dasar
(15 menit)
ü  Guru memberi pola kalimat III
-          KB1(benda) KB2(benda)があります。
ü  Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu.
ü  Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu.
ü  Mengerjakan latihan dibuku pelajaran.



Buku Pelajaran
Papan Tulis
実物

Kegiatan Berbicara
(20 menit)
ü  Pra Kegiatan
-          Menyuruh siswa menggambar dua buah meja. Satu meja untuk meletakan benda sendiri dan satu meja untuk benda teman.
-          Guru menyuruh siswa untuk berpasangan dalam melakukan kegiatan.
-          Guru memberi contoh kegiatan.

ü  Kegiatan
-          Siswa melakukan kegiatan.
-          Guru mengawasi jalannya kegiatan.
ü  Pasca kegiatan
-          Meminta salah satu pasangan untuk mempraktekan kegiatan didepan kelas.
-          Memperbaiki kesalahan siswa jika ada.





Buku Pelajaran
Kesimpulan
(5 menit)
ü  Mengulangi pokok-pokok pelajaran yang baru saja dipelajari
ü  Memotivasi siswa untuk menggunakan pola-pola yang sudah dipelajari.


                                                                                               



































                                                                                   

0 comments :

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
sikap sederhana, hidup harus LUAR BIASA.