20 Februari 2012

Filled Under:

RPP Tema B Letak Benda Nihongo 1

00.27

RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMA/SMK
Mata Pelajaran            : Bahasa Jepang
Topik / Kegiatan         : Lingkungan Kehidupan Sekolah
Kelas / Program           : XI Bahasa
Semester                      : Gasal
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit
Pertemuan Kedua (Letak Benda教室の中).
A.    Standar Kompetensi
v  Berbicara : Mengungkapkan dan menyampaikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang keberadaan dan letak benda.
v  Menulis   : mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang keberadaan dan letak benda.
B.      Kompetensi Dasar
v  Mengungkapkan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.  
v  Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf ( Hiragana,Katakana, Kanji).
C.    Indikator
v  Berdialog sesuai konteks
v  Menceritakan nama dan keberadaan benda yang ada di lingkungan sekolah.
v  Menyusun kalimat atau wacana sederhana tentang nama atau letak benda yang ada di sekolah serta kepemilikan benda.
v  Menulis kanji sederhana.
D.    Tujuan pembelajaran.
v  Siswa dapat berdialog menyebutkan keberadaan dan letak benda di lingkungan sekolah.
E.     Materi pokok
F.     Tema 3.1  B. Letak Benda
G.    Sumber / Alat / Media Pembelajaran
v  Buku Nihongo I, kartu kata, benda nyata (実物)
H.    Skenario Pembelajaran (dengan Metode Penjelasan dan Praktek)
クラス :XI Bahasa
テーマ :教室の中
目的  :Siswa dapat menyebutkan letak dan posisi benda serta mengungkapkan keberadaan benda.   
Alur/Waktu
Isi Pembelajaran
Media

Pengantar
5 menit
  • ü  Salam
ü  Melakukan flashback pada materi yang lalu.

Buku Pelajaran, Papan Tulis



Pola Kalimat +
 Latihan dasar
(20 menit)
ü  Guru memberi pola kalimat baru KB(benda) KB(tempat/benda)KB (posisi)にあります/ありまか。
ü  Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu.
ü  Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu.
ü  Mengerjakan latihan dibuku pelajaran.




Buku Pelajaran, Papan Tulis,
実物

Latihan Menulis Kanji
(10 menit)
ü  Guru memberi kanji baru 上、中、下。
ü  Guru memberi urutan cara menulis kanji上、中、下.
ü  Guru menyuruh siswa untuk berlatih menulis kanji.

Buku Pelajaran
Papan Tulis.











Kegiatan Berbicara
(25 menit)
ü  Pra kegiatan
-          Guru menyuruh siswa menggambar 2 pasang meja dan kursi diselembar kertas. Gambar pertama untuk sendiri dan gambar kedua untuk wawancara dengan teman.
-          Guru menyuruh siswa untuk menggambar pensil,buku,penghapus,penggaris dan diletakan sesuai dengan keinginan tiap siswa,asalkan masih disekitar gambar meja atau kursi.
-          Guru mencontohkan cara pengisian gambar dipapan tulis.
-          Guru melatihkan contoh percakapan dan laporan kegiatan.
Guru mencontohkan kegiatan dengan salah seorang siswa.
ü  Kegitan
-          Siswa melakukan kegiatan.
-          Guru mengawasi jalannya kegiatan.
ü  Pasca Kegiatan
-          Guru memninta salah satu siswa untuk mempraktekan kegiatan didepan kelas, dan guru menunjuk salah satu siswa untuk mengisi gambar meja dan kursi yang tersedia dipapan tulis.
-          Guru menanyakan kepada kelas apakah gambar yang diisi sesuai dengan percakapan atau tidak.
-          Guru meminta siswa untuk melaporkan hasil wawancara tadi.











Buku Pelajaran, Papan Tulis
実物

Kegiatan Menulis Kosakata
(25 menit)
ü  Pra Kegiatan
-          Guru mempersiapkan dan membagikan lemba kerja yang berupa latihan menulis huruf Kana ke siswa.
-          Guru memberikan contoh cara pengisisan lembar kerja tersebut.
-          Guru mengingatkan siswa agar mengerjakan soal sendiri atau tidak menyontek dan mengingatkan kegiatan tersebut diberi waktu selama 15 menit.
ü  Kegiatan
-          Siswa melakukan kegiatan.
-          Guru mengawasi jalannya kegiatan.
ü  Pasca kegiatan
-          Guru meminta tugas dikumpulkan kemeja guru.



Lembar kerja.
Kesimpulan
(5 menit)
ü  Mengulangi pokok-pokok pelajaran yang baru saja dipelajari.
ü  Memberikan tugas untuk mengerjakan soal fukusyu buku pelajaran halaman 63,dikumpulkan pertemuan selanjutnya.
ü  Memotivasi siswa untuk menggunakan pola-pola yang sudah dipelajari.


0 comments :

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
sikap sederhana, hidup harus LUAR BIASA.