RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Jepang
Topik / Kegiatan : Lingkungan Kehidupan Sekolah
Kelas / Program : XI Bahasa
Semester : Gasal
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Pertemuan Kedua (Letak Benda教室の中).
A. Standar Kompetensi
v Berbicara : Mengungkapkan dan menyampaikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang keberadaan dan letak benda.
v Menulis : mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang keberadaan dan letak benda.
B. Kompetensi Dasar
v Mengungkapkan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.
v Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf ( Hiragana,Katakana, Kanji).
C. Indikator
v Berdialog sesuai konteks
v Menceritakan nama dan keberadaan benda yang ada di lingkungan sekolah.
v Menyusun kalimat atau wacana sederhana tentang nama atau letak benda yang ada di sekolah serta kepemilikan benda.
v Menulis kanji sederhana.
D. Tujuan pembelajaran.
v Siswa dapat berdialog menyebutkan keberadaan dan letak benda di lingkungan sekolah.
E. Materi pokok
F. Tema 3.1 B. Letak Benda
G. Sumber / Alat / Media Pembelajaran
v Buku Nihongo I, kartu kata, benda nyata (実物)。
H. Skenario Pembelajaran (dengan Metode Penjelasan dan Praktek)
クラス :XI Bahasa | ||
テーマ :教室の中 | ||
目的 :Siswa dapat menyebutkan letak dan posisi benda serta mengungkapkan keberadaan benda. | ||
Alur/Waktu | Isi Pembelajaran | Media |
Pengantar 5 menit |
ü Melakukan flashback pada materi yang lalu. | Buku Pelajaran, Papan Tulis |
Pola Kalimat + Latihan dasar (20 menit) | ü Guru memberi pola kalimat baru KB(benda) はKB(tempat/benda)のKB (posisi)にあります/ありまか。 ü Latihan pengucapan oleh guru diikuti oleh siswa dengan urutan kelas-kelompok-individu. ü Latihan mengulang dan mengganti dengan jitsubutsu atau kartu kata dengan urutan latihan Kelas-Kelompok-individu. ü Mengerjakan latihan dibuku pelajaran. | Buku Pelajaran, Papan Tulis, 実物 |
Latihan Menulis Kanji (10 menit) | ü Guru memberi kanji baru 上、中、下。 ü Guru memberi urutan cara menulis kanji上、中、下. ü Guru menyuruh siswa untuk berlatih menulis kanji. | Buku Pelajaran Papan Tulis. |
Kegiatan Berbicara (25 menit) | ü Pra kegiatan - Guru menyuruh siswa menggambar 2 pasang meja dan kursi diselembar kertas. Gambar pertama untuk sendiri dan gambar kedua untuk wawancara dengan teman. - Guru menyuruh siswa untuk menggambar pensil,buku,penghapus,penggaris dan diletakan sesuai dengan keinginan tiap siswa,asalkan masih disekitar gambar meja atau kursi. - Guru mencontohkan cara pengisian gambar dipapan tulis. - Guru melatihkan contoh percakapan dan laporan kegiatan. Guru mencontohkan kegiatan dengan salah seorang siswa. ü Kegitan - Siswa melakukan kegiatan. - Guru mengawasi jalannya kegiatan. ü Pasca Kegiatan - Guru memninta salah satu siswa untuk mempraktekan kegiatan didepan kelas, dan guru menunjuk salah satu siswa untuk mengisi gambar meja dan kursi yang tersedia dipapan tulis. - Guru menanyakan kepada kelas apakah gambar yang diisi sesuai dengan percakapan atau tidak. - Guru meminta siswa untuk melaporkan hasil wawancara tadi. | Buku Pelajaran, Papan Tulis 実物 |
Kegiatan Menulis Kosakata (25 menit) | ü Pra Kegiatan - Guru mempersiapkan dan membagikan lemba kerja yang berupa latihan menulis huruf Kana ke siswa. - Guru memberikan contoh cara pengisisan lembar kerja tersebut. - Guru mengingatkan siswa agar mengerjakan soal sendiri atau tidak menyontek dan mengingatkan kegiatan tersebut diberi waktu selama 15 menit. ü Kegiatan - Siswa melakukan kegiatan. - Guru mengawasi jalannya kegiatan. ü Pasca kegiatan - Guru meminta tugas dikumpulkan kemeja guru. | Lembar kerja. |
Kesimpulan (5 menit) | ü Mengulangi pokok-pokok pelajaran yang baru saja dipelajari. ü Memberikan tugas untuk mengerjakan soal fukusyu buku pelajaran halaman 63,dikumpulkan pertemuan selanjutnya. ü Memotivasi siswa untuk menggunakan pola-pola yang sudah dipelajari. |
0 comments :
Posting Komentar